pasang iklan disini

Tips Membuat Desain Poster yang Baik dan Efektif


      Karya Bercerita - Yapps So whats up guys, okee kali ini kita akan membahas kembali lagi mengenai POSTER yaah tentulah kalian sudah sering mendengar satu hal ini. Poster adalah sebuah media komunikasi untuk memberikan informasi kepada khalayak ramai atau target audiens, 


menurut wikipedia sendiri, Poster adalah karya seni atau desain grafis yang memuat komposisi gambar dan huruf di atas kertas berukuran besar. Pengaplikasiannya dengan ditempel di dinding atau permukaan datar lainnya dengan sifat mencari perhatian mata sekuat mungkin. Karena itu poster biasanya dibuat dengan warna-warna kontras dan kuat.

Poster bisa menjadi sarana iklan, pendidikan, propaganda, sosialisasi dan dekorasi. Selain itu bisa pula berupa salinan karya seni terkenal. Cat poster biasa juga disebut cat plakat karena meniliki sifat yang pekat, sifatnya datar cocok untuk menggambar dekoratif.


Pada penjelasan diatas telah dipaparkan bahwa poster memang identik dibuat dengan cat poster diatas sebuah kanvas atau kertas, namun, kali ini kita akan membahas bagaimana membuat desain poster digital yang efektif. efektif dalam artian apa yang kita sampaikan diatas sebuah poster tersebut, informasi yang ada dapat benar-benar tersampaikan, dan juga jelas sehingga tidak ada kesan ambigu dari target audiens, serta tepat pada sasaran. 
Membuat poster dimulai dari sebuah halaman / lembar kerja kosong adalah pekerjaan yang mudah bagi seorang desainer. Ini bisa menjadi inspirasi hanya dengan melihat dan membayangkan pada sebuah halaman kosong tersebut. Tapi pada saat waktu yang bersamaan, itu juga bisa menjadi sumber kebingungan jika anda tidak tahu untuk memulainya.
Untuk itulah kami akan membuat bahasan ini agar kalian tidak kebingungan ketika berhadapan dengan lembar kerja dan juga mampu mengembangkan seluruh ide kreatif kalian, yang tentunya sudah terkonsep dengan baik sehingga mampu menciptakan desain yang komunikatif dan efektif.
Dibawah ini akan dipaparkan beberapa tips yang harus kalian pahami secara perlahan namun menyeluruh, silahkan disimak sampai akhir dan temukan keahlianmu :
1. Mencari Ide dan Tema
Pada poin ini adalah hal pertama yang harus kalian miliki, yaa gimana mau buat desain kalo idenya saja masih di luar kepala. naah, untuk itu masukkan dulu kedalam kepala, kemudian buat sketsa dari desain yang akan kalian buat, hal ini juga sudah termasuk dengan menyusun tema.
ketika kita sudah mampu mengumpulkan ide, seharusnya segera pilih tema yang akan kalian buat hal ini bertujuan agar apa yang kalian rumuskan untuk memutuskan tema tersebut tidak mudah hilang atau kalian lupa, oh yah, yang terpenting lagi adalah biasakan untuk mencorat-coret ide kalian diatas kertas atau buku catatan, sehingga jika kalian lupa kalian bisa melihatnya kembali, serta hal ini membuat desain kalian menjadi lebih terkonsep alias tidak suka-suka gue atau asal jadi aja.
2. Tentukan Target Audiens
Target audiens adalah sasaran yang ingin kalian tuju untuk poster yang kalian buat, ini adalah hal yang paling penting, untuk itu usahakan terkonsep secara baik. Pilih desain yang tepat sasaran, misal jika sasaranmu adalah anak-anak maka gunakan desain template, font, dan gambar, yang colorfull, sehingga nampak meriah dan disukai oleh anak-anak sehingga membuat mereka tertarik untuk melihatnya, jika itu adalah poster acara maka, mereka akan sangat antusias untuk mengikutinya. kemudian misal sasaranmu adalah komunitas blogger, maka gunakan template atau segala elemen desain yang ada di postermu menggunakan segala hal yang membuat mereka tertarik pada blogger, google, youtube serta dengan ada komponen-komponen pendukung yang membuat mereka yakin untuk ikut bergabung dalam acara yang ada di poster tersebut.
3. Penekanan Tujuan
Poster adalah sebuah media untuk menyapaikan informasi secara visual, untuk itu poster identik dengan "sedikit huruf" dimana dalam sebuah poster lebih mengedepankan visualisasi, yang artinya kata-kata yang panjang dan terlalu banyak akan berakibat buruk pada poster sehingga tidak efektif untuk tersampaikan.
Untuk itu yang diperlukan dalam hal ini adalah dengan menggunakan sedikit kata namun mampu mewakili banyak hal, karena pada dasarnya elemen-elemen lain dalam poster juga sudah menjelaskan puluhan kata dan sarat makna, untuk itu lebih efektif jika menggunakan penekana(emphasis) dalam kata yaitu dengan lebih menonjolkan pada suatu kata yang mengarah ketujuan daripada poste, hal ini akan lebih menarik perhatian, alias point of view.
Penekanan yang digunakan bisa dengan pewarnaan yang berbeda, tekstur atau efek untuk teks tersebut, atau ukuran yang cenderung lebih besar dari kata yang lainnya.
4. Layout
layout adalah tata letak yang teratur dan terkonsep dalam sebuah desain, hal ini biasanya menggambarkan desainernya sendiri, (true story), bisa juga kepribadian dari desainernya karena jika desain yang dia buat acak-acakan bisa jadi kehidupannya seperti itu, hehehehe just joke.
namun hal ini sangatlah penting juga dimana ketika komponen dalam desain poster yang kalian buat tidak jelas, lalu siapa yang bisa membaca bahkan memahaminya saja sulit, kecuali kalian sendiri yang membuatnya dan memahaminya. 
Desain yang baik adalah desain yang mampu dipahami oleh target audiens, bahkan semua kalangan mampu memahaminya. 
untuk itu usahakan membuat tata letak/layout yang lebih teratur dan menarik, alur baca yang jelas dan juga penataan gambar ilustrasi serta teks yang baik. perlu di ingat bahwa poster yang kalian buat adalah untuk orang lain bukan kalian sendiri. dan juga biasakan untuk meminta pendapat orang lain mengenai desain yang kalian buat sebelum di publikasikan, hal ini berguna untuk menilai pandangan dari orang lain yang sesuai dengan target audiens dan juga untuk mengoreksi kesalahan-kesalahan yang bisa saja kalian tidak lihat.

5. Tagline
Sebenarnya istilah Tagline berasal dari bahasa Inggris. Kata ini belum ada padanan katanya dalam bahasa Indonesia, juga belum ada di 'Kamus Besar Bahasa Indonesia' (KBBI). jika kita merujuk kepada kamus-kamus bahasa Inggris, pengertian tagline identik dengan "slogan".

Tagline adalah rangkaian kalimat pendek yang dipakai untuk mengasosiasikan sebuah BRAND (merek) atau perusahaan di benak konsumen, misalnya tagline lampu Philips "Terus Terang Terang Terus".

Namun yang akan kita bahas disini adalah tagline yang ada di poster sebagai salah satu komponen yaitu dengan mengartikan tagline adalah kata atau frasa yang mudah diingat dan digunakan oleh kelompok atau bisnis untuk menarik perhatian orang lain dalam membaca informasi yang akan disampaikan oleh si pembuat poster.

6. Ilustrasi
Dalam pembuatan poster yang kita kedepankan adalah visualisasi, untuk itu gunakan ilustrasi atau komponen gambar yang mampu mewakili kata-kata alias ilustrasi gambar yang sarat akan makna, misal dengan background foto anak kecil berdiri menghadap kearah senja matahari kemudian diambil gambarnya dengan low shoot sehingga nampak gagah dan tinggi.
kemudian juga adanya unsur-unsur lainnya yang mengandung pesan filosofis, sehingga selain audiens membaca kata-kata mereka juga mampu memberikan pengartian tersendiri dalam memahami arti dari poster tersebut.
misal poster yang kita buat tentang acara sosialisasi cinta lingkungan, maka gambarkan ilustrasi mengenai lingkungan yang baik atau dengan menggambarkan lingkungan saat ini dengan membuat komparasu/perbandingan antara lingkungan yang baik dan lingkungan yang buruk dan mengundang bencana, dan atau lain sebagainya yang mampu memberikan pemahaman lebih kepada audiens.

Okee guys itulah beberapa tips dalam membuat desain poster yang baik dan efektif, jika kalian selalu perhatikan poin-poin diatas, maka apa yang kalian buat selain bagus, keren, juga akan dapat di mengerti alias komunikatif dalam poster tersebut. buat apa desain poster yang bagus keren tapi pada kenyataanny setelah dipasan/dipublikasikan tujuan daripada poster itu sendiri tidak mampu tersampaikan dengan baik.
So guys, itu saja dari ku semoga bermanfaat, sekedar sedikit tambahan tips, cobalah untuk langsung menuangkan hal ini keatas lembar kerja kalian, dan pastikan dicatat, atau di bookmark, save, like, follow jika kalian suka atau inginkan. dan jika tidak suka-suka kalian haha.

semoga bermanfaat, selamat dan semangat berkarya guys, and always think out of the box, see you on my next aticles.



27 comments

Yups, benar sekali bahwa poster yang kita buat harus sesuai dengan tujuan kita. Klo nggak sesuai bisa-bisa kacau posternya. Mau buat untuk anak-anak jadi nyasar ke propaganda. Hehe

Btw agan kan semua post nya design sendiri , buat tutor dong yang efek long shadow kayak gambar" post punya agan :)

itu thumbnail buat sendiri gan?

waha bahaya itu kalo salah sasaran gak laku ntar desainnya

Benar Menentukan target audiens sangat penting untuk mendapatkan hasil yang baik

benar , sekali kita perlu menentukan target audiens agar tampilan dan design sesuai dengan audiens yang dituju

Yapp semua membutuhkan langkah langkah agar menghasilkan poster yang menarik.
Salam kenal yaa

Pas banget ini ane lagi bingung mau buat desain mau coba terapin sapa tau berhasil

Waah bermanfaat nih buat yang lagi bikin poster nice info

Thanks gan,bermanfaat sekali buat nambah wawasan tentang desain poster

Infonya bermanfaat^^
Bisa belajar desain graphic nih..

Memang benar gan kalau tidak sesuai dengan grafik kurang pas

keren kontennya
lanjut terus ngeblognya

http://sequotes.blogspot.com

Bermanfaat banget gan, nanti ane mau praktekin

Wah, ijin bookmark gan belum slesai bacs

Mantap tuh gw hobi banget ngegambar

Kebetulan ada tugas membuat poster disekolah, sangat membantu.

untuk membuat poster sendiri lebih baik Photoshop atau corel draw gan.... tapi kalo liat daribgambar di atas keknya itu flat desigh corel

sekalian tutorial nya dong gan.
mau belajar nih.
pakai aplikasi apa bagusnya

mantap gan, oh ya mau nanya ni gan. sy belum mahir dalam desain, kira2 apa yang harus dipelajari dulu (potochop/corel dram atau lainnya) agar bisa desainnya bagus?

klo untuk belajar desain harus pake app apa gan??

Pada bagian ilustrasi yg susah, soalna garus benar2 kreatif

Wah Bermanfaat Sekali ni gan izin nyimak ya


EmoticonEmoticon