pasang iklan disini

Tips Profesional Dengan Konsep ATM : Theory of ATM

Tips Berkarya dengan Konsep ATM
Karya Bercerita - Hi Guys, kali ini Aku akan membahas sedikit mengenai tips untuk membuat karya apapun dalam proses pembelajaran alias pemula. dimana ketika kita ingin membuat suatu karya baik itu dalam bidang desain atau cinematografi, banyak dari kita justru sudah gugur duluan sebelum bertempur. yaa gugur alias mundur menyerah itu biasanya karena gengsi, gengsi dengan hasil buatannya yang terlihat buruk dan sama sekali jauh dari kata profesional, banyak salahnya dan lain sebagainya. lalu, apa yang harus kita lakukan setelah semua itu? apakah kita akan tetap menyerah..? 

Berkarya adalah membuat sesuatu hal baik itu yang sudah ada, atau yang sudah kita modifikasi, atau justru membuat suatu hal baru. semua orang pasti harus memulai segala sesuatu itu dari bawah, namun permasalahannya adalah banyak dari kita justru menyerah sebelum mendapatkan hasil yang diekspetasikan, hanya karena ada atau banyak orang yang mencela hasil yang dia buat. 

Pada dasarnya Konsep ATM ini adalah singkatan dari Amati, Tiru, Modifikasi. dengan konsep ini maka apapun yang kita buat akan lebih cepat berkembang pesat daripada hanya mengikuti alur seperti biasa. dan terlebih lagi justru akan membuat kita lebih kreatif lagi dan tentunya hal ini akan membuat kalian melakukan 

seperti profesional.Nah, daripada semua itu menghambat atau malah membuat hasil karya kalian tidak maksimal terus menerus, maka disini aku memiliki Konsep 

ATM yang mampu membuat hasil kita layaknnya profesional, Tipsnya sebagai berikut :

1. AMATI
Pengamatan sangat kita perlukan sebelum kita berniat untuk membuat konsepnya. karena kita dituntut harus paham dengan ide dasarnya terlebih dahulu. Dalam tahapan konsep ini, kita dituntuk untuk mengamati segala aspek dari yang akan kita buat, mulai dari teori konsep awalnya, rangkaian prosesnya, cara pembuatannya, bagaimana mengemasnya, apa saja yang perlu diperhatikan dalam pembuatannya, apa saja kesalahan yang banyak terjadi, ? dan lain sebagainya. Amati, dalam hal ini bukan hanya kita melihat saja bagaimana suatu karya tersebut dibuat, bukan hanya melihatnya dalam waktu yang lama saja, namun juga kita harus membuat kesimpulan atau hipotesis mengenai, karya tersebut.

Pada dasarnya dengan melihat karya-karya yang sudah ada kemudian membaca segala aspek dari karya tersebut akan membuat pemikiran lebih berkembang ketimbang kita hanya melihatnya saja namun tidak membaca alias mempelajarinya lebih lanjut.

Dalam Pengamatan sendiri ada 2 tahapan yaitu :
Pengamatan sekilas, dalam proses pengamatan ini kita hanya perlu melihatnya secara umum saja, misal kita akan membahas mengenai sebuah kapal maka, yang perlu diamati secara sekilas adalah bagian yang umumnya saja, seperti ukurannya, kegunaannya, dibuat oleh siapa. hal ini bertujuan untuk membuka pemikiran kita untuk memantik ide-ide yang lebih terperinci dan mendalam.

Pengamatan Instensif, Sesuai namanya pengamatan ini adalah untuk mendapatkan ide yang lebih terperinci lagi dengan mencari hal-hal yang lebih mendalam lagi agar mampu misalnya seperti jika kamu ingin mengembangkan ide dasar dari kegunaan kapal, maka yang perlu di amati secara intensif lagi adalah, apakah kapal tersebut mampu menampung dengan jumlah muatan yang melebihi batas namun bisakah juga kapal tersebut di beri alternatif lain agar mampu menampung muatan tersebut. hal ini akan menemukan sesuatu yang unik, jadi semakin terperinci akan membuka rahasia sebenarnya, bahkan si pembuat sebenarnyapun tak tahu.

2. TIRU
Meniru adalah membuat sesuatu dengan mencontoh karya orang lain, namun dalam hal ini karena kita adalah kreator kreatif maka, Haram hukumnya meniru sepenuhnya hingga sama betul atau hal ini sering dinamakan dengan "PLAGIAT". Meniru yang baik adalah dengan cara kita melihat karya orang lain terlebih dahulu kemudian memahaminya, misal kita ingin membuat suatu karya film pendek misal, kita hanya perlu mencari ide dengan cara menonton karya film pendek orang lain yang sudah banyak di youtube saat ini, carilah video yang kiranya sangat bagus menurut kalian, dan juga tidak terlalu sulit untuk dibuat oleh kalian lagi, kemudian kita tonton videonya berulang-ulang, sampai kita benar-benar paham sampai ke pesan-pesan tersiratnya, lalu pahami dan lihat semua metode sudut pengambilan gambarnya seperti, long shoot, medium shoot, close up, dan lain sebaginya, dan juga perhatikan bagaimanaat pergerakan kamera(camera movement) si film maker dalam pengambilannya, seperti panning, tilting, atau tracking dll. tulislah semua itu dalam sketsamu. 

setelah kita benar-benar memahami secara keseluruhan dari film tersebut mulai dari konten hingga teknisnya. saatnya kita membuat karya kita sendiri, dengan membuat konsepnya sedikit berbeda yaitu penggabungan ide milik kita sendiri, dan juga dengan teknis yang sudah kita tuliskan tadi. 

sebenarnya kita mampu membuatnya sendiri tanpa meniru, mendapatkan ide dari sendiri. namun, disini yang aku paparkan adalah bagiamana cara agar hasil karya kita terlihat lebih profesional. dan hal ini cenderung lebih mempercepat dalam mengasah skill kalian sendiri.

3.MODIFIKASI
Kita semua pasti sudah tahu apa yang dimaksud dengan modifikasi, jadi modifikasi disini adalah menambah hasil kerja kita dengan sesuatu yang berbeda dan biasanya ini merupakan ciri khas dari karya kita. setelah kita mengamati bagaimana karya itu dibuat, apa saja kelemahan dan kekuatan pada karya tersebut dan kemudian kita membuat kerangka baru hasil kerja kita sendiri dengan meniru bagian-bagian teknis maupun teori dari hasil karya orang lain yang lebih ahli tersebut. 

dalam hal pembuatan sebuah karya videografi kita bisa membuat baru atau memodifikasi hasil tadi dengan menambahkan efek-atau cirikhas bagian dari kita, misal color gradding yang berbeda dan lain sebagainya.

pada intinya dalam hal, Mengamati, Meniru, dan memodifikasi. bukan berarti kita mencontoh atau memplagiat karya orang lain yang artinya kita juga mencuri idenya secara keseluruhan sehingga menjadi sangat mirip. jika hal ini terjadi maka dampaknya adalah teori ATM (AMati, Tiru Modifikasi) tidak akan berhasil dalam mengembangkan pemikiran kita, kreatifitas kita justru akan terkesan prematur dimana belum saatnya kita sampai pada tahap tersebut namun kita paksakan untuk bisa. 

Namun memodifikasinya dengan segala upaya tetap menggunakan ide kita yang baru, sehingga walau ide kita biasa-biasa saja namun jika dibuat dengan teknik yang tinggi/profesional maka hasilnya pun akan lebih baik dan tentunya membuat kita lebih berkembang bukan hanya menjadi plagiator.

Pada akhir-akhir ini yang menjadi problema saat ini adalah banyak sekali para youtuber ataupun bloger yang hanya mengaku membuat konten kemudian mengunggahnya dan mendapat banyak viewers ataupun pengunjung, tanpa memperdulikan kualitas konten yang diunggah.

Pada konsep ATM ini saya mengajak kita semua, mari menjadi kreator-kreator yang penuh dengan ide dan menjadi kreator yang inovatif serta mampu memberikan manfaat yang lebih baik untuk pribadi kita sendiri atau orang banyak. apapun kontenya bagaimanamun teknisnya, gunakan akal kita untuk mendapatkan ide yang original dan berkkualitas. 

selamat dan semangat berkarya kawan, See you on my next Articles. 

14 comments

Saya baru tahu kepanjangan dari ATM Amati, Tiru, Modifikasi. terimakasih gan informasinya

Anjret Metode ATM ini pernah di ajarin guru seni ane, buat bikin Logo. Eh ada juga di bahas di google.

Patut dicoba nih gan, kalau buat buka usaha kira-kira bisa gak ya?

Nice info, 😊 sangat brrguna nih ATM nya agan 😁 hehe

wah nice gan tips nya keren nih

Wah boleh juga nih tips nya ATM, nice info gan

Wah boleh juga nih tips nya ATM, nice info gan

Sebelum saya bac artikel ini, saya kira ATM hanya Alat Tunai Mandiri, tapi setelah saya baca artikel ini, saya tau ATM itu maksudnya Amati Tiru Modifikasi. Terimakasih artikel ini
Btw, ini adopsi dari teori pembelajaran, ya?

Nichee Artikel..
Follow back Google++ nya gan..ihihiih


EmoticonEmoticon