pasang iklan disini

10 Tips Sukses Menjadi Freelancer

10 Tips Sukses Menjadi Freelancer


10 Tips Sukses Menjadi Freelancer Menjadi seorang freelancer tidaklah sulit, modal utamanya hanyalah ketekunan dan kedisiplinan dalam mengatur segala hal, mulai dari pekerjaan dari klien hingga pekerjaan yang di lakukan untuk kehidupannya. Namun, sebaliknya....

Menjadi freelancer tidaklah mudah, kita akan sering di kejar deadline belum lagi urusan kita pribadi saja banyak yang belum terurus, kemudian banyaknya revisi pekerjaan membuat kita sering mengulangnya sehingga membuat malas, apalagi ditambah lagi keluhan-keluhan klien yang beraneka ragam.

Pada dasarnya semua pekerjaan memiliki resiko tidak ada yang mudah, dan juga tidak ada yang sulit asalkan kita menjalankannya dengan sepenuh hati.

untuk itu dibawah ini ada 10 Tips Keren menjadi Freelancer :

1. Membuat Bussiness Plan

Anda mungkin sudah sangat mengetahui apa saja yang harus dilakukan untuk menyukseskan pekerjaan freelance Anda, namun mencatat semua rencana itu ke dalam sebuah rencana yang terstruktur akan sangat membantu Anda dalam mewujudkan rencana tersebut dengan lebih baik dan sistematis.

2. Perluas Koneksi

Anda harus paham bagaimana caranya mendapat hubungan baik dengan orang baru. Hal ini merupakan salah satu faktor penting dalam menentukan kesuksesan seorang freelancer, karena yang jelas Anda tidak tahu darimana klien berikutnya akan datang, selain dari koneksi baru atau orang-orang yang telah Anda kenal sebelumnya. yang terpenting lagi Anda tidak boleh melakukan diskriminasi sedikitpun terhadap klien, ini sangatlah penting, tidak peduli seberapa kecil kemungkinan orang tersebut memberikan atau menjadi klien Anda.

Sekarang ini, sangat mudah untuk memperluas koneksi kita ada berbagai cara untuk mengenal orang baru baik itu dari bertemu secara langsung, dimulai dari blogging, social network, forum-forum diskusi online dan masih banyak lagi lainnya. Semakin banyak orang yang Anda kenal, hal ini akan semakin tinggi kemungkinan Anda mendapatkan pekerjaan.

3. Rencanakan Kegiatan Kerja Anda

Selain daripada membuat rencana bisnis yang jelas dan matang, Anda juga sangat dianjurkan untuk dapat menulis dan  merencanakan kegiatan kerja Anda tiap minggunya. Pada dasarnya rencana kerja akan sangat memudahkan Anda dalam mengelola dan memanajemen waktu yang harus diluangkan demi memenuhi deadline pekerjaan yang Anda miliki.

4. Tidak Semuanya Mengenai Uang

pada tahap awal jangan terlalu fokus tentang bagaimana Anda harus mendapatkan uang dari hasil pekerjaan Anda. Mungkin akan ada keuntungan lain selain dari jumlah uang yang Anda terima. Sebagai contoh, Jika Anda melakukan pekerjaan dengan sangat baik, sebuah pekerjaan mungkin akan dapat memberikan Anda koneksi yang lebih, atau pekerjaan jangka panjang. Jika begitu, untuk itu Anda lebih baik mendalami dan senangi pekerjaan Anda terlebih dahulu dan berani melakukannya di bawah harga biasa saja.

Hal yang perlu diingat adalah, menjadi freelancer tentu itu berarti Anda harus mendalami dan menyenangi pekerjaan yang Anda lakukan terlebih dahulu, karena dalam pekerjaan ini Anda mencari sebuah kebebasan, fleksibilitas dan kepuasan, Anda tidak ingin melakukan pekerjana yang tidak Anda sukai.

5. Jangan Menekan Diri

Yang dimaksud disini adalah berusahalah untu tidak menerima pekerjaan yang tidak dapat Anda selesaikan dan kemudian hal ini akan berdampak pada hasil yang akan mengecewakan klien. Begitu Anda baru memulai untuk menjadi seorang freelancer, reputasi adalah hal yang sangat penting, dan salah satu hal terburuk yang bisa saja Anda lakukan adalah mengecewakan kepuasan klien. Anda harus selalu berusaha untuk memenuhi permintaan klien dan memberikan apa yang Anda janjikan hal ini akan mempertahankan kredibilitas kerja Anda dan kepercayaan Klien.

Namun, ada di beberapa kasus tertentu, tindakan berani itu diperlukan dan hal itu bisa jadi memberikan kesuksesan bagi Anda. Tetapi yang harus Anda pastikan adalahh Anda dapat memberikan waktu maupun kualitas yang terbaik demi klien Anda.

6. Buat Blog/Website

Di dunia freelance, blog/website, dan akun media sosial bisa menjadi sarana yang tepat dalam memasarkan produk jasa Anda. buat Website yang menarik dan profesional bisa menjadi gerbang menuju klien-klien yang potensial.

Jika Anda sudah memiliki website, maka Anda wajib untuk memperbaharui isi web Anda secara teratur. Memperbaharui website mungkin akan bisa menghabiskan waktu yang cukup banyak namun hal tersebut akan mendatangkan klien-klien baru untuk Anda.

7. Aktif Menggunakan Media Sosial

Penggunaan sosial media yang digunakan dalam berbisnis bukanlah hal baru lagi saat ini. Media sosial bisa Anda gunakan untuk mempromosikan jasa, Anda bisa memulainya melalui Twitter, Facebook, serta beberapa forum-forum diskusi lain yang dapat memasarkan produk Anda.

Selain itu Anda juga dapat dikenal di media sosial dan sangat mungkin untuk mendapatkan koneksi baru dalam pekerjaan ini.

8.Janganlah Terlalu Memilih-milih Pekerjaan

Sebagai seorang freelancer itu berarti Anda mencari penghasilan tambahan atau bahkan untuk terus menekuninya sebagai pekerjaan utama Anda. Oleh karena itu, jangan-lah terlalu memilih-milih pekerjaan karena Anda ini saat berada pada sisi "peminta". Namun, Ini juga tidak berarti Anda harus menerima setiap pekerjaan yang datang di depan mata Anda, tetapi Anda harus terus mempertimbangkan setiap pekerjaan dengan baik hal ini bertujuan untuk mendapatkan kualitas yang baik dari pekerjaan.

Ketahuilah itu semua tidak tentang uang, bisa jadi hal besar lain mungkin akan datang untuk diri Anda. Jangan sampai Anda kecewa karena terlalu pilih-pilih, dan telah menolak sebuah pekerjaan.

9. Dapatkan Umpan Balik (Feedback)

Suatu cara untuk lebih mengetahui apakah Anda telah melakukan suatu pekerjaan dengan baik atau belum maksimal adalah langsung menanyakannya kepada klien Anda. Akan cukup ideal jika Anda dapat membuat sebuah daftar pertanyaan atau kuisioner untuk diberikan ke mereka yang berfokus pada suatu kriteria, seperti deadline, komunikasi, bahasa dan lain sebagainya.

Ini akan membantu Anda untuk mengerti akan kebutuhan mereka dan mengubah pendekatan Anda ke mereka, serta mengetahui sisi lemah diri Anda dan menguatkannya. Sebagai alternatif, Anda juga dapat membuat sebuah fitur testimonial online yang memperbolehkan klien untuk mengisinya jika ia punya waktu. Tetapi yang terbaik adalah mengetahuinya secara langsung dari klien dengan mengajak ngobrol seputar pekerjaan anda, hal ini juga akan memberikan nilai lebih dalam menjadikan komunikasi dengan baik.

10. Selalu Profesional

Ini merupakan hal yang penting jika Anda ingin menjadi freelancer, Anda harus bersikap profesional. Baik itu dalam hal pekerjaan, komunikasi penampilan hingga cara berpakaian. Memang Anda tidak perlu sampai terlalu formal mengenakan kemeja , celana bahan dan sepatu kerja. Tetapi setidaknya, Anda harus tahu bahwa pada saat Anda akan bertemu dengan klien, yang paling awal yang akan ia lakukan adalah menilai diri Anda dari penampilan Anda, dan termasuk cara berpakaian Anda.

Jika Anda bertemu teman, berpakaianlah dengan santai tidak perlu terlalu formal, tetapi dalam lingkungan formal seperti kantor dan sejenisnya, Usahakan untuk sedikit lebih formal, dan seterusnya. Dan hal berikutnya adalah tentu Anda harus profesional dalam cara kerja Anda, jangan sampai klien kabur karena Anda terlihat profesional hanya dalam penampilan saja namun tidak profesional secara kualitas pekerjaan. Itu benar-benar buruk karena itu berarti Anda telah kehilangan kepercayaan.


Itulah beberapa tips untuk sukses menjadi freelancer, yang paling utama adalah terus meningkatkan kemampuan kerja yang kita miliki atau skill, hal ini akan berbanding lurus dengan hasil yang kita berikan kepada orang lain.

jika kalian para pembaca ingin menambahkan beberapa tips yang perlu diperhatikan lagi, silahkan tulis komentar kalian di bawah ini.

11 comments

artikelnya sangat memotivasi gan, selain tu juga harus kerja keras dan pantang menyerah

sangat membantu untuk kita yang ingin menjadi freelancer :)

Saya penah ikut program freelancer di beberapa website tp belum membuahkan hasil mungkin kurang tekun dan fokus.

Namun saya yakin dalam setiap usaha dan pekerjaan pasti akan membuahkan hasil kalau dikerjakan dengan sungguh-sungguh. Salam kenal dan kalau ada waktu mampir ke blog saya ..

artikel yang sangat memotivasi. Thanks infonya

kebanyakan, orang ikutan pekerjaan freelance semata - mata yang dicari uang. Akibatnya, ketika uang yang diidam - idamkan tak di dapat, akhirnya ia memilih mundur. Itulah yang membuat orang sering gugur dalam suatu perjuangan. By the way, itu no 8 Boldnya kemana ?

Pernah jadi freelance tapi gak dilanjutin lagi soalnya susah banget memperluas koneksi kendala saya cuma disitu

Bener gan freelance blm tentu apa apa itu harus dapat uang

Nice artikelnya gan.

Pengen ngefreelance tapi belum berani :(


EmoticonEmoticon