pasang iklan disini

5 Cara Jadi Mahasiswa Freelancer Keren


mahasiswa freelancer
Jadi Mahasiswa Freelancer
5 Cara Jadi Mahasiswa Freelancer Keren Freelancer terkadang menjadi pilihan pekerjaan yang dianggap mudah karena pekerjaannya tidak dilakukan di kantor, bisa dilakukan di mana saja kita mau. asalkan target yang di tentukan terpenuhi.

Melihat hal ini kebanyakan dilakukan oleh Mahasiswa ataupun karyawan yang digunakan untuk mengisi waktu luang usai kuliah, dan juga untuk mendapatkan penghasilan tambahan. dimana ketika menjadi pekerja tetap kita biasanya akan terhambat dengan persoalan waktu,

misalnya, aku saat ini kuliah di semester 5 pastinya memiliki jadwal kuliah yang sengaja kita padatkan di pagi harinya, sehingga siangnya kita punya waktu luang untuk bekerja sambilan atau dikenal dengan Part Time.

namun, Pekerjaan part time mengharuskan kita berangkat ke kantor, iya bolehlah kalau kantornya deket, nah kalo jauh?, tentu akan membuat kita malas. apalagi ketika ada tugas kuliah yang harus diselesaikan. kemudian waktu jalan yang dibutuhkan, jika kita pakai motor yaa pasti biaya juga di bensinnya. lhah kalo kita gowes, ya pastinya energi yang di butuhkan gak sedikit dong. kemudian sampai di sana capek. istirahat dulu, biasanya agak lama nunggu keringat kering nih, yaahh habis dong waktu produktif kita.

nah kali ini saya akan berbagi tips bagaimana aman dalam menjalani pekerjaan freelancer bagi mahasiswa, yang sedang kuliah tentunya. kalau udah gak kuliah namanya bukan mahasiswa. hehehe

1. Memahami Pekerjaan

yang paling utama dalam pekerjaan ini adalah kalian harus faham betul mengenai seluk beluk pekerjaan yang sedang kalian tempuh saat ini, mulai dari lama pekejaannya, kecepatan kalian mampu mengerjakanya, kualitas hasil yang didapatkan hingga harga dari hasil pekerjaan itu, serta garansi yang mampu di berikan.

memahami pekerjaan sangat penting hal ini akan sangat menjaga diri dalam melawan godaan malas yang akan datang melanda dikemudian hari, ketika sudah malas, atau bingung kemudian stress, kalian sudah faham dengan pekerjaan ini maka akan lebih mudah menangani masalah-masalah tersebut,

2. Manajemen Waktu

setelah kalian memahami benar mengenai pekerjaan kalian ini yang selanjutnya adalah mengatur waktu, karena posisi saat ini sedangan kuliah juga, maka usahakan mengatur jadwal kuliah kalian sebaik mungkin. dan tentunya sebelum kalian menempuh pekerjaan ini haruslah dipersiapkan 1 semester sebelumnya agar bisa menata jadwal di semester selanjutnya, dan kemudian meluangkan waktu untuk melakukan pekerjaan sambilan atau freelance ini.

pada dasarnya freelance tidak terlalu membutuhkan waktu luang khusus seperti pekerjaan part time pada umumnya, yang terpenting adalah deadline anda terselesaikan dengan kualitas hasil yang baik.

3. Menulis Jadwal

hal ini sangat mendukung poin sebelumnya dalam hal memanajemen waktu. menuliskan jadwal deadline pekerjaan kedalam memo atau time table sangat penting. hal ini haruslah dibiasakan, tidak perduli seberapa kuat ingatan yang kamu miliki. namun, percayalah kamu pasti akan lupa, dan kelupaan ini bisa menjadi malapetaka bagi kamu dan pekerjaanmu ini.

untuk itu demi menempuh jalan aman, maka tulislah semua daftar pekerjaanmu kedalam time table.

4. Menjaga Komunikasi

Pada dasarnya menjaga komunikasi adalah hal wajib untuk kita semua dalam menjalin suatu hubungan, sama halnya dengan freelancer ataupun pekerjaan lainnya.
terutama dalam menjalin hubungan dengan klien pekerjaan kita ini, jangan ceroboh dalam melakukan komunikasi dengan klien, hal ini biasanya akan berdampak pada adanya kesalahpahaman atau kita kenal dengan misskom atau miss communication, gagal paham dan lain sebaiknya, misal si klien mintanya desain mock up pollo shirt, karena bingun kamu malah ngasihnya desain mock up souvenir kantor. yaaa tentu si klien bakalan ngamuk, apalagi kalo dia juga dikejar deadline.

5. Aktif Bersosialisasi

Bersosialisasi sangat berperan penting dalam membantu pekerjaanmu, sosialisasi yang bisa kamu lakukan adalah berbaurlah dengan teman-temanmu sefakultas dimana kamu kuliah, ini akan sangat menolong ketika kamu sedang berada dalam masa sulit pekerjaan dan juga kuliahmu tertinggal, namun, usahakan untuk tetap mengontrol jadwal agar baik urusan kuliah maupun pekerjaanmu.

Selain itu, bersosialisasi dengan orang sekitar ataupun di media sosial, bisa memperluas koneksimu untuk mendapatkan klien ataupun pekerjaan yang lebih bagus atau yang lebih kamu sukai.

itulah beberapa tips dari saya, dan yang saya jalani saat ini semoga artikel ini bisa bermanfaat bagi kalian, mungkin ada beberapa hal yang kelupaan atau tidak tertulis di artikel diatas, untuk itu bagi kalian yang punya tips tambahan silahkan dicantumkan saja di kolom komentar dibawah.

6 comments

nice, thanks atas info caranya ini sob

Wah, patut dicoba nih. Siapa tau aku jd mahasiswa sukses 😎

apalagi klo udah pnya pacar, makin semangat :)

Thanks kak. Sangat bermanfaat sekali nih. Coba tahap demi tahap ah. Semoga sukses.

Hebat juga ya kalau beneran bisa jadi mahasiswa freelancer.. tapi biasanya pada susah manage waktu


EmoticonEmoticon