pasang iklan disini

TIPS MEMILIH MODEM MIFI 4G

TIPS MEMILIH MODEM MIFI 4G

modem wifi 4g

TIPS MEMILIH MODEM MIFI 4G Koneksi internet memang sangat kita butuhkan sekali saat ini, apalagi saya sebagai mahasiswa yang ngerangkap jadi freelancer yang tiap hari dikejar deadline harus ngirim email kesana-sini sebelum datang masa deadline. belum lagi kalo ada yang minta tolong dibuatin desain inilah itulah, kita harus banyak-banyak nyari referensi ataupun ide-ide nahh kemana lagi kalo bukan google jalan terakhirnya.

sebenernya pengen sih masang internet di rumah semacam Indihome, Citra net, dan lain sebangsanya tapi yaaahh apalah daya freelancer dengan status anak kost-kostan yang makannya masih indomie 3 kali sehari. kan mikir lagi tagihan internet bulanannya. yaaahh daripada makin nambah beban mikirin bulanan  akhirnya yaa beli modem aja, bisa di isi suka-suka kita kalo ada rezeki yahh di isi kalo nggak ada yaahhh cari pengganti lain. nebeng wifi temen misal wkwkwkwk....

Beberapa hari yang lalu akhirnya kuputuskan untuk membeli mobile wifi atau MIFI 4g hal ini karena sinya 3g makin lambat aja dan boros juga kalo di tethering.in lewat smartphone saya yang keknya udah gak smart lagi hehheheh...

Akhirnya setelah milih modem MIFI ini kesana-kesini, baca review sana-sini, ketemu juga sama yang cocok yaitu MIFI Andromax m2p huawei smartfren 4g, nahlhoh panjang kali kan namnya, sebenernya aku juga bingung ini sebenernya punya Andromax apa produknya Huawei.

Daripada kita sama-sama bingungnya mari kita lihat tips-tipsnya dalam memilih MIFI 4g agar sesuai dengan kebutuhan kita.

1. JARINGAN/BAND dan FITUR UNLOCK

Yang paling penting adalah jaringan, sebelum membeli MIFI pastikan kamu membaca reviewnya terlebih dahulu di internet, apakah MIFI tersebut suport dengan kartu sim yang akan kamu pakai, misal GSM atau kah CDMA, kemudian jaringan yang di tawarkan dari MIFI tersebut. masih HSPA atau sudah LTE. selain itu pastikan juga lokasi daerahmu menjangkau adanya jaringan tersebut.

MIFI yang saat ini di jual di pasaran dibagi menjadi 2 jenis yaitu LOck dan unlock/unlocked. Unlock artinya yaitu MIFI tidak dikunci untuk 1 Operator sim saja. Contoh dari MIFI lock adalah MIFI 4G buatan Smartfren (m3y, m3z, dll) kemudian MIFI 4G XL GO (E5573, E5577) MIFI-MIFI tersebut hanya akan bisa digunakan oleh simcard sesuai opsel bawaannya saja, jika dimasuki simcard lain maka simcard tidak terbaca oleh MIFI. Sementara MIFI unlock adalah MIFI yang bisa digunakan oleh simcard apapun selama sesuai dengan band yang dicover oleh MIFI tersebut.

MIFI 4G unlock dengan cakupan jaringan yang beragam tentu lebih disukai daripada yang pilihan jaringannya lebih sedikit apalagi untuk kalian yang senang sekali traveling keluar pulau dari daerah satu ke daerah lain.

Mengenai MIFI unlock terdapat dua macam produk di pasaran yaitu unlock Dari pabrik dan unlock dari penjual vender.
- Unlock Dari pabrik: kestabilan yang ditawarkan terjamin, garansi resmi juga panjang yaitu 1-3 tahun contoh: MIFI 4G Telkomsel Huawei E5577 dan Alcatel MW40
- Unlock Dari dari penjual: Kestabilan dari tidak dapat dipastikan karena berasal Dari MIFI lock yang kemudian diunlock paksa/ilegal oleh seller, garansi yang diberikan oleh penjual pun variatif pendek (karena garansi resmi hangus oleh proses unlock) contoh: MIFI XL GO unlock

2. KAPASITAS BATERAI dan FITUR BYPASS

MIFI kini hadir dengan beragam kapasitas baterai mulai dari 1500mAh, 1800mAh, 3000mAh dan lain-lainnya. Biasanya kapasitas baterai akan berbanding lurus dengan seberapa lamanya MIFI tersebut bisa digunakan. MIFI dengan baterai dibawah 2000mAh hanya akan mampu menahan MIFI menyala 4-6jam sementara baterai 3000mAh atau lebih bisa bertahan menyalakan MIFI hingga 8 jam atau lebih. tentu saja performa baterai juga di pengaruhi oleh penggunaannya.

Jika kamu hendak menggunakan MIFI seharian tanpa takut kehabisan baterai maka pilihlah MIFI yang memiliki fitur Bypass. Bypass artinya MIFI bisa dinyalakan tanpa harus memasukkan baterai di dalam MIFI, tetapi MIFI ditancapkan langsung saja ke cas/adaptor/powerbank.

Pilihan bypass ada 3 macam:
- Baterai dummy: meletakkan semacam baterai yang terbuat dari rangkaian kapasitor dalam slot baterai (harganya sekitar 30-50rb saja), hal ini tidak akan merusak garansi MIFI karena dummy tidak mengubah apapun baik kondisi fisik maupun software.
- Jasa bypass: seller atau penjual jasa bypass akan mengutak atik software MIFI sehingga MIFI akan tetap menyala saat di charger walau tanpa terisi baterai sama sekali, hal ini dapat menghanguskan garansi resminya,
- MIFI bypass bawaan pabrik: saat ini sudah ada fitur bypass pabrikan contohnya MIFI 4G Telkomsel Alcatel MW40, MIFI ini didesain berfitur bypass dan langsung bawaan pabrik, jadi garansi resmi pun akan aman.

3. CHIPSET dan TEKNOLOGI

Biasanya beberapa teknologi MIFI banyak ditentukan oleh chipsetnya, jadi sebelumnya kamu harus Crosscheck antara chipset MIFI dengan teknologi yang ditawarkan oleh MIFI tersebut. Umumnya MIFI 4G di Indonesia saat ini masih menggunakan chipset yang mendukung pada kecepatan 100-150Mbps saja, jadi jika ada iklan yang menuliskan MIFI dengan chipset qualcomm 9200 kecepatan up to 300Mbps atau lebih, waahh perlu di perhatikan lagi tuh iklannya. untuk itu sebelum membeli pastikan jangan mudah tertipu oleh iklan.

4. DAYA TANGKAP SINYAL dan SLOT PIGTAIL antena

MIFI 4G memiliki penangkapan sinyalnya biasa-biasa saja, tidak ada yang menonjol satu sama lain. Nah kalau kamu membutuhkan penangkapan sinyal yang lebih kuat, tentunya kamu harus memilih MIFI yang sudah memiliki slot pigtail antena, sehingga MIFI bisa disambungkan dengan macam-macam pilihan antena dari yang kecil dengan penambahan sinyal yang hanya 10dB (1bar) hingga antena outdoor yang besar dengan penambahan sinyal hingga 30dB (3bar). Perlu diperhatikan, jika kamu berminat dan berniat menggunakan antena tembahan, pastikan pigtail atau slot antena MIFI yang dibeli berkualitas bagus dan sesuai ukurannya. Penggunaan pigtail yang salah dapat beresiko mematahkan slot pigtail yang ada dalam MIFI dan menyebabkan MIFI tidak mampu lagi menangkap jaringan sama sekali. Contoh MIFI 4G yang memiliki slot pigtail adalah Huawei E5577

5. MERK, SERI dan HARGA

Merk seri dan harga sangat berkaitan, jadi jika kamu akan membeli MIFI (atau barang lainnya) pastikan sebelumnya kalian sudah mendapat data yang detailnya karena jika hanya tau merk saja maka bisa saja kamu akan salah beli (atau bisa jadi ketipu)

dengan menyebut data MIFI yang ingin kamu beli secara lengkap juga memudahkan penjual dalam melayani apa yang kamu butuhkan.. yaa bakalan ribet kalau kalian salah beli hanya karena kenal atau pernah denger merknya aja, kalian harus return lagi barangnya.

6. DASHBOARD (SMS, USSD dan PILIHAN 4G ONLY)

Dashboard adalah halaman pengaturan MIFI yang hanya dapat diakses oleh pemilik MIFI alias administrator. MIFI 4G yang baik antara lain memiliki dashboard yang informatif dan memilik fitur-fitur penting antara lain seperti:

- Adanya pilihan 4G only (atau LTE only) di pengaturan network, hal tersebut penting karena ada MIFI yang pengaturan jaringannya tidak ada pilihan LTE only, adanya auto atau 3G/4G. dampak dari tidak adanya fitur LTE only ini akan terasa pada kamu yang menggunakan paket internet dengan kuota terpisah antara kuota 4G dan kuota all network dimana biasanya kuota 4G biasanya lebih banyak. MIFI dengan pilihan 4G only membuat kita nyaman karena sudah pasti kuota yang terpakai adalah kuota 4G yang banyak banget jumlahnya bukan kuota yang lain.

- SMS, fitur ini akan sangat membantu dalam urusan pendaftaran perdana, cek kuota dan lain sebagainya

- USSD, adalah kemampuan MIFI untuk mengirimkan perintah dengan kode tertentu ke operator seperti contohnya *123# dan menerima jawabannya, kemudian membalasnya begitu dan seterusnya

7. JUMLAH PENGGUNA MAKSIMAL

Sesuaikan pembelian MIFI dengan rencana berapa jumlah penggunanya. Jumlah maksimal user MIFI bervariasi mulai dari 8, 10, 15 hingga 32 user. Jadi jika kamu akan gunakan MIFI buat share internet ramai-ramai di perjalanan keluarga dengan menggunakan mobil ya MIFI dengan max user 8 sudah cukup, namun kalau untuk perjalanan yang menggunakan bus dan semuanya pakai koneksi ya akan butuh MIFI dengan maksimal usernya 15 atau lebih.

8. GARANSI dan SERVICE CENTER

Garansi MIFI yang saat ini beredar di pasaran ada 3 macam
- Garansi resmi: biasanya durasinya panjang 1 – 3 tahun, pengajuannya mudah kita dapat langsung datang ke service center terdekat yang banyak terdapat di kota-kota besar (kadang bisa lewat galeri operator, kadang di urus oleh penjual)
- Garansi distributor: biasanya durasinya 1 tahun, dan pengajuannya hanya bisa dilakukan lansung ke distributor juga (biasanya di jakarta) kadang juga diurus oleh penjual.
- Garansi personal/garansi seller: biasanya garansi yang di tawarkan durasinya seminggu, dan pengajuan hanya bisa ke seller atau penjualnya saja

Service center berbeda untuk tiap merk MIFI, sebagai contoh service center Huawei terdapat sekitar di 40an lokasi di Indonesia sementara untuk merk mifi yang lain jumlah dan lokasi service centernya sudah tentu berbeda.

9. PAKET PENJUALAN

Paket penjualan MIFI ada yang minimalis dan ada juga yang komplit, perbedaan antara yang minimalis dengan yang komplit biasanya ada pada panjang kabel data, ada atau tidaknya adaptor charger kemudian bonus-bonus lain yang di tawarkan seperti contohnya paket data perdana dan lain sebagainya

10. REVIEW dan TESTIMONI

Nah ini yang paling sering saya pribadi lakukan sebelum memberi barang bukan hanya MIFI saja namun, semua barang pada umumnya, melihat review dari penggunanya sebelum membeli sangatlah penting agar kita benar-benar mengetahui lebih lengkap informasi barang yang akan kita beli dari yang sudah berpengalaman membelinya, dan juga membaca testimonial yang di berikan oleh penggunanya, model-model review ini bisa kalian cari di internet sangat banyak sekali, atau jika kalian ingin membelinya secara online melalui market place biasanya sudah ada review pembeliannya di bawah deskripsi barangnya. selain itu usahakan banyak membaca, bukan hanya dari satu sumber saja. sehingga mampu meyakinkan kita untuk membeli MIFI yang pas dan sesuai dengan kebutuhan kita.

Oke, guys itu saja beberapa tips yang bisa saya bagikan buat kalian, semoga bermanfaat dan bisa mendapatkan modem MIFi yang pas buat kalian. jika ada beberapa tips atau tambaahan dari kalian bisa langsung di tulis saja di kolom komentar dibawah ini.

13 comments

nice info gan, kbetulan sekali gan lagi cari modem yg bagus juga ni

pake modem smartfren tapi lagi down nih sekarang - sekarang ini

Thanks infonya, kebetulan lagi nyari info ini :D

dari brand brand merek saat ini menurut admin yang paling bagus apa ?

Gan mifi apa ya... Maf gak tahu dan jarang gunain modem

yang 3g belum masuk desa sudah 4g

gampangnya mifi itu modem yang ada wifi.a dan bisa di bawa kemana"

huwawei menurut saya yang recomen soal.a harganya terjangkau juga


EmoticonEmoticon