pasang iklan disini

Tips Memilih Modem Sebelum Membeli

Tips Memilih Modem Sebelum Membeli 

Sering sekali bukan, kita mendengar nama "Modem", pada dasarnya modem adalah alat yang digunakan untuk menerima sinyal internet sehingga kita bisa mendapatkan akses internet. Untuk karena itu, memilih modem haruslah yang tepat dengan kebutuhan kita. sehingga bisa mendapatkan koneksi yang stabil disaat sedang melakukan aktivitas browsing. terutama bagi para blogger yang harus selalu punya koneksi internet demi berbagi ilmu buat kita semua.

Akses internet sangat dibutuhkan saat ini baik para pekerja kantoran yang harus mengirim data-data pekerjaan, mahasiswa yang ingin mengerjakan tugas kampus, hingga freelancer yang kerjaannya di depan laptop mengurusi kerjaannya yang selalu diburu oleh deadline. modem yang dibutuhkan juga beraneka ragam mulai dari yang kecil seperti usb modem hingga sampai yang segede gaban.

berikut ini adalah beberapa tips buat kalian yang akan membeli modem :

1. Kecepatan Akses Internet

sangat perlu kita perhatikan kecepatan maksimal yang ditawarkan oleh modem yang akan kalian beli, pilihlah modem dengan sinyal 4G LTE untuk jenis kartu GSM dan signal EVDO untuk jenis kartu CDMA atau yang memiliki akses keduanya. Semakin tinggi kecepatan aksesnya maka semakin bagus untuk anda.

2. Fitus Plug and play

Pada dasarnya fitur ini sangatlah penting ada pada modem, dengan fitur ini memudahkan kita tanpa harus membutuhkan CD-Room yang mengharuskan kita menginstal driver modem. Modem yang memilikit fitur ini akan langsung menginstal otomatis drivernya pada perangkat komputer anda atau Mifi sekarang banyak yang sudah menggunakan Aplikasi Playstore seperti contohnya Huawei Link.

3. Sesuaikan kondisi sinyal Di Daerah Anda

Baik modem USB atau modem MIFI terbagi menjadi dua jenis yaitu GSM dan CDMA namun ada juga beberapa yang mendukung keduanya. Jika Anda sebelumnya menggunakan kartu dengan operator dari GSM maka pastinnya Anda harus membeli modem yang GSM.
Sama halnya Jika kartu anda menggunakan operator CDMA, pastikan Anda juga membeli modem khususnya CDMA. Ataupun yang memiliki akses keduanya, saat ini sudah banyak di pasaran. namun yang perlu diperhatikan adalah bagaimana kondisi sinyal di daerah anda, apakah menggunakan sinya 4g GSM atau masih 3G bahkan CDMA. ketika di daerah anda hanya terdapat sinyal CDMA maka jangan membeli yang model GSM karna anda tidak akan mendapatkan akses internet. walaupun kecepatan yang ditawarkan sangat menggiurkan.

4. Desain dari Modem

Model dari modem USB yang akan anda beli perlu di perhatikan sesuai dengan model laptop anda. jika model laptop anda seperti laptop-laptop legend yang gede banget itu, anda bisa memilih modem yang lebarnya sedikit lebih besarpun tak ada masalah. namun jika model laptop anda tipis contohnya seperti macbook Air yang tipis, pilihlah modem yang tipis. sehingga tidak merepotkan pemasangan dan tidak ada pemaksaan, karena jika dipaksakan hal ini akan berdampak buruk pada port USB anda akan rusak.

5. Budget

Sebenarnya masalah budget bukanlah hal terpenting saat ini, walau pada artikel lain kalian baca ini pasti yang menonjol diantara poin-poin lainnya yah. saat ini yang terpenting adalah anda memahami model dan kualitas sebuah modem, jika budget anda mencukupi sangat mungkin bagi anda membeli modem dengan koneksi terbaik dan itupun juga dengan pertimbangan tempat tinggal daerah anda.
saat ini banyak sekali modem yang dijual di pasaran dengan harga yang cukup terjangkau, anda bisa membelinya melalui situs online atau datang ke toko komputer terdekat di daerah anda.

itulah beberapa poin yang penting kita ketahui sebelum membeli modem, demi kelancaran pekerjaan kita. semoga artikel ini bermanfaat. bagi kalian yang memiliki tambahan tips silahkan cantumin saja di kolom komentar. atau kalian boleh menambahkan modem yang kalian rekomendasikan.

17 comments

oh jadi begitu yah min. baru tahu ane kalau begitu harus hati - hati beli WIfi, makasih info nya min bermanfaat sekali

makasih min sangat bermanfaat infonya

makasih gan kebetulan ane juga mau beli modem

sementara saya pake hp dulu buat modem,nice tips...

betul gan.. klo ane sering pilih yg kecepatan internet nya cepat..

wah bermanfaat banget ini infonya makasih gan

Thanks infonya gan.. nice share

Tjojok. Yang paling inti itu budgetnya. :v :v

Kebetulan banget. Mau beli modem soalnya.

nice gan, memang point2 diatas sangat mengaruh agar tidak rugih saat membeli modem

pilih yang berkwalitas supaya kuat untuk inject ssh

Makasih infonya gan.... itu membantu saya untuk bijaksana dalam memilih modem. sekali lagi makasih gan....

betul gan...perlu teliti sebelum beli modem...kadang ga sesuai harapan...nice info...tq sudah berbagi gan


EmoticonEmoticon