pasang iklan disini

Apa itu Fotografi Jurnalistik atau Foto Berita ?


Apa itu Fotografi Jurnalistik atau Foto Berita ?

Membahas fotografi memang tak ada habisnya karena pada dasarnya fotografi adalah seni melukis cahaya, yang mana seorang pelukis akan mampu melukis apapun jika mampu mengeksplore kekuatan ide yang ia miliki dan ide dari apa yang terjadi di sekitarya. Fotografi sendiri memiliki banyak sekali kategori dimana kategori ini dikelompokkan sesuai dengan hobi sang fotografer. Mulai dari Foto portrait, Landscape, Sport, dan lain sebagainya, dan setiap jenis fotografi memiliki teknik tersendiri dalam mengembangkan gambar yang dipotretnya.

Adapun seperti yang saya bahas dalam postingan Fotografi zaman now, dimana munculnya seni fotografi baru yang menyesuaikan perkembangan zaman, itulah mengapa berbicara mengenai hal ini takkan ada habisnya, karena, kita harus melakukan diskusi panjang dan yang lebih utamanya adalah aksi atau implementasinya.

Namun, untuk kali ini saya akan sedikit mengulas mengenai fotografi jurnalistik, atau yang kalian kenal dengan foto berita. Foto jurnalistik biasanya digunakan untuk melengkapi elemen berita sehingga sebagai penjelas visual dalam sebuah teks narasi berita.

Karena fotografi jurnalistik ini adalah foto berita maka teknik yang digunakan beragam, namun harus jelas dan lengkap elemen apa saja yang ada didalam sebuah gambar yang dihasilkan, agar bisa menjelaskan keadaan yang sedang terjadi pada peristiwa atau berita tersebut.

Untuk itu biasanya mereka yang ikut andil dalam fotografi ini adalah para wartawan foto, yang tugasnya jelas mengambil gambar pada momen-momen yang diinginkan. Para wartawan foto jurnalistik dituntut untuk cepat dalam menangkap momen. Karena sebuah peristiwa besar tidak dapat terulang lagi.

Hal ini dikarenakan sifat fotografi jurnalistik itu sendiri yaitu: mudah dibuat, Akurat, Universal, Kompak, dan selalu aktual. Sifat-sifat inilah yang harus tertanam pada diri wartawan foto. Artinya fotografi jurnalistik dalam proses pengambilannya tidak perlu dengan cara yang sulit, karena sifatnya yang mudah dibuat, hanya dengan settingan AUTO kita bisa mengambil gambar, karena yang terpenting dalam fotografi jurnalistik ini adalah sebuah foto yang bercerita. Sebuah foto yang mmenggambarkan keadaan pada saat itu.

Fotografi jurnalistik juga memiliki unsur-unsur yang harus dipahami yaitu sebagai :

1.       Aktual, tepat dan cepat dalam pengambilannya
2.       Berhubungan dengan berita atau artikel
3.       Kejadian Luar biasa
4.       Promosi atau memiliki nilai jual
5.       Kepentingan atau informasi dibalik berita
6.       Human interest, atau ketertarikan nurani manusia
7.       Universal, Mampu dipahami maksudnya


Itulah sedikit gambaran mengenai fotografi jurnalistik atau foto berita, dan menurut sayan pribadi konsep dasar fotografi jurnalistik ini harus kita pahami sebagai pedoman, sehingga jika kita memberikan informasi terkait sebuah peristiwa, akan lebih jelas jika terlampir juga foto yang jelas dan bercerita, dalam artian foto penjelasnya informative, dan komunikaf, yak an bingung tuh misal kita ngeshare foto kecelakaan lalu lintas, namun yang kita kirim fotonya adalah foto tukang becak, yang ngalangin kerumunan lokasi kecelakaan, atau fotonya diambil dalam posisi kita berkendara sehingga blur. Akan membuat tidak nyaman pembaca atau penerima informasi tersebut dengan ngelihat foto seperti itu bukannya paham malah pada gagal focus. Yaa kan berabe juga kalo ada yang salah tangkap lalu berujung dengan informasi HOAX.
















Tags: berita fotografi indonesia,fotografi berita,kursus fotografi kantor berita antara,berita dan fotografi,berita komunitas fotografi,berita lomba fotografi,berita lomba fotografi 2015,berita pameran fotografi,berita seputar fotografi,berita fotografi terbaru


EmoticonEmoticon