pasang iklan disini

Fenomena Fotografi Zaman Now

Fenomena-Fotografi-Zaman-Now
Fenomena-Fotografi-Zaman-Now

Fenomena Fotografi Zaman Now

Oke teman-teman masih bersama saya sang penulis blog musiman ini, sesuai dengan tema kita kali ini adalah fotografi, tapi disini saya tidak akan membahas mengenai tipe-tipe atau jenis fotografi atau apalah itu lagi karena menurut saya itu terlalu formal dan ilmiah.

Jadi untuk sekedar iseng saja belakangan ini saya sedang mengamati beberapa fenomena zaman now yah mulai dari kids zaman now, mother zaman now, hingga grandpa zaman now, untung saja tidak ada artefak zaman now.

Fenomena zaman now ini merambah cukup gesit layaknya jamur dimusim gerimis-gerimis syahdu di jogja ini, mulai dari kids zaman now hingga menurut saya ini telah merambah hingga ke dunia fotografi.

Memang karya visual itu memiliki trend sesuai dengan zamannya masing-masing, ada desain klasik ala amerika, eropa, dan hampir setiap benua memiliki yang namanya trend setter atau pengatur trend tersendiri.

Pada akhirnya ada beberpa fenomena perubahan selera fotografi yang terjadi pada akhir-akhir ini. Sorry sepertinya bukan fotografinya tapi lebih ke editing fotonya. Dari hasi pengamatan saya dari tahun ke tahun trend desain foto ini selalu berubah-ubah.

Misal pada tahun 2010 editan foto untuk foto portrait dan landscape didominasi dengan editan gaya HDR atau editan yang saturasinya mencolok sekali untuk foto landscape sedangkan untuk foto portrait dibuat HDR yang sangan jelas shadow atau bayangan kontur kulit manusia.

Kemudian di awal tahun 2017 banyak yang menyukai gaya edit foto untuk foto portrait ala-ala artis majalah yang di set dengan berbagai foreground blur kemudian menggunakan lensa kamera fix untuk mendapatkan focus yang tajam yang cenderung kebanyakan diambil pada kondisi low light. Kemudian untuk pengeditan coloring gambarnya kebanyakan menggunakan LUT atau Look Up Table dimana kita bisa mewarnainya secara otomatis karena ini merupakan preset coloring, yang berpedoman pada pewarnaan model Teal and Orange.

Jika dilihat pada color range warna teal dan orange adalah warna yang bersebrangan, pada awalnya warna teal and orange ini terinspirasi dari sunset atau senja, dimana warna langit berwarna teal atau biru-hijau, dan awan terkena semburat cahaya matahari menjadi orange kemerah-merahan.


Adanya trend setter ini menurut saya sangat baik untuk segala kalangan fotografer, dimana trendi inilah yang kemudian akan memancing kita untuk mengeksplore lagi teknik dan seni fotografi, sehingga mampu membuat karya yang baik, positif, menginspirasi dan bermanfaat bagi orang lain. 








Tags: fotografi jaman sekarang,fotografer jaman dulu,zaman fotografi,fotografi jaman now,fotografi model,fotografi makanan,fotografi alam,fotografi unik,fotografi pemula,fotografi keren,fotografi artis,fotografi art,fotografi close up

1 comments:

Hi sob...
Jalan2 malam ni...
Artikelnya bermanfaat.

Semoga sudi mampir balik kesini ya sob...


EmoticonEmoticon