pasang iklan disini

Konsep Pembuatan Tugas Akhir Desain Komunikasi Visual


Konsep Pembuatan Tugas Akhir Desain Komunikasi Visual

Beberapa waktu lalu kami mendiskusikan sebuah masalah yaitu mengenai pembuatan tugas akhir mata kuliah desain komunikasi visual, dalam diskusi tersebut banyak yang dibahas mulai dari persiapan produksi karya hingga sampai pasca produksi karya.

Karena saking banyaknya yang dibahas akhirnya akan menimbulkan peristiwa yang namanya “bingung” yaa bingung memulai darimana dan bagaimana, untuk itu kali ini saya akan menjelaskan mengenai konsep pembuatan tugas akhir. Karena menurut saya konsep yang baik adalah konsep yang bukan sekedar terdiri dari unsur-unsur dan kemudian bagaimana cara eksekusinya, tapi konsep yang sistematislah yang mampu membuat semuanya baik unsur hingga caranya dapat terorganisir dengan baik.

Lalu, bagaimana cara kita Konsep Pembuatan Tugas Akhir Desain Komunikasi Visual yang baik dan sistematis itu :

DATA

Ibarat kita ingin memasak suatu makanan, maka yang pertama kali kita cari adalah bahannya. Dalam hal ini masalah adalah bahan mentah yang harus kita cari datanya. Kemudian kita olah data-data dari permasalahan tersebut sehingga pada akhirnya kita menemukan solusi permasalahan.

Konsep Pembuatan Tugas Akhir Desain Komunikasi Visual

Dalam perumusan data yang harus diperhatikan adalah kita menentukan hanya SATU masalah saja dan harus didapatkan secara objektif, dengan tujuan untuk SATU pesan yang nantinya akan tersampaikan.

Artinya dalam penentuan masalah dan data kita harus terfokus dan konsisten terhadap topic yang telah ditetapkan, hal ini mencegah perpecahan pemikiran tim kerja kalian.

ANALISIS

Data ini kemudian kita analisis dengan menggunakan teknik SWOT (Strength, Weaknes, Opportunity, Treath) yang kalo diartikan kita harus menentukan apasaja Kekuatan, kelemahan, keuntungan, dan ancaman pada masalah tersebut.

Untuk melakukan pendekatan antar kelompok bisa dilakukan dengan cara BRAINSTORMING atau pencarian gagasan bersama, untuk menemukan gagasan atau ide dibutuhkan kerja sama tim yang baik yang bertujuan untuk saling mengembangkan pemikiran atau gagasan yang didapatkan.

PESAN

Selanjutnya yaitu adalah penyusunan pesan yang telah ditetapkan diawal pencarian data dan masalah. Dengan syarat, pesan yang akan disampaikan harus diolah sedemikian rupa dengan dukungan elemen-elemen visual yang mendukung sehingga dapat tersampaikan dengan baik.

Untuk pesan sendiri disesuaikan dengan target kita, dalam melihat target harus dilakukan riset terlebih dahulu dengan mempertimbangkan hal-hal penting seperti Demografi, Geografi, dan Psikografi. Aspek inilah yang nantinya akan mempertimbangkan seperti apa desain visual yang akan dibuat.

EVALUASI

Yang terakhir adalah proses penyempurnaan karya visual yang telah melalui tahap revisi dalam hal teknis, seperti kesalahan penulisan, atau kotor yang kemudian dibersihkan. Setelah melalui tahap penyempurnaan oleh tim kerja. Dan disepakati bersama, barulah karya visual tersebut dapat di implementasikan atau di pamerkan dan disebarkan.


Begitulah tahapan sistematika singkat yang semoga mempermudah penyelesaian tugas akhir dalam bentuk desain komunikasi visual, dilain waktu akan saya share bagaimana pembuatan tugas akhir video atau film.

















Tags: tugas akhir desain produk,tugas akhir desain grafis,tugas akhir desain komunikasi visual,tugas akhir desain produk itb,tugas akhir desain produk pdf,tugas akhir desain multimedia,tugas akhir desain,contoh abstrak tugas akhir desain interior,contoh abstrak tugas akhir desain komunikasi visual,latar belakang tugas akhir desain grafis,contoh latar belakang tugas akhir desain grafis,contoh tugas akhir desain grafis,contoh tugas akhir desain komunikasi visual


EmoticonEmoticon