pasang iklan disini

Perbedaan Warna RGB dan CMYK - Menghindari Kesalahan Ketika Akan Produksi

Perbedaan_Warna_RGB_dan_CMYK
Perbedaan Warna RGB dan CMYK
Dalam proses sebuah desain yang didalamnya memadukan warna-warna ada satu hal yang harus kita perhatikan dalam memilih tipe warna atau disebut dengan color profile, color profile dasarnya dibagi menjadi 2 pada umumnya yaitu mode warna RGB (Red-Green-Blue) dan CMYK (Cyan-Magenta-Yellow-Kant) . model warna-warna inilah yang akan menjadi patokan hasil akhir desain kita, atau desain kita mau di publikasikan kemana, digital ataukah cetak.

hal inilah yang menjadi perhatian sebelum anda membuat desain kalian berekstensi atau berformat JPEG/PNG desain tersebut mau kita cetak gambar exs : banner, poster dll, atau kita letakkan di dekstop exs : di upload di sosial media. Hal yang harus di perhatikan ketika mencetak yaitu di Color Modenya harus berupa RGB atau CMYK

Pengertian Desain Bitmap dan Desain Vektor

Oke,  teman-teman mudahnya saja akan saya jabarkan seperti apa jelasnya penggunaan mode color RGB dan CMYK dibawah ini :

Warna RGB adalah model warna additive yang bertujuan sebagai penginderaan dan presentasi gambar dalam tampilan visual pada peralatan elektronik seperti komputer, televisi dan fotografi. Warna RGB difungsikan untuk tampilan di monitor komputer karena warna latar belakang komputer adalah hitam. Jadi, R = Red (merah) G= Green (hijau) dan B = Blue (biru) sebagai warna dasar difungsikan untuk berbagi intensitas cahaya untuk mencerahkan warna latar belakang yang gelap (hitam).

Sedangkan CMYK adalah warna yang dikenal dalam proses printing dan percetakan. Terdiri dari C = Cyan, M = Magenta, Y = Yellow, dan K = Black. Warna CMYK digunakan untuk tampil seimbang dengan latar belakang putih dari bahan cetak seperti kertas dan lain-lain.


Warna RGB biasanya digunakan untuk desain web/situs, di upload ke sosial media, atau di letakkan di dekstop (Pc, Laptop, Smartpone dll), karena warna yang di hasilkan terang dan cukup jelas, dan besarnya kapasita untuk warna RGB cukup kecil.

Sedangkan warna CMYK jikalau di gunakan untuk dekstop maka warna yang di hasilkan tidaklah memuaskan biasanya wanya sedikit berbeda ketika kita mendesain dengan warna yang sudah kita jadikan jpg/png dan kita letakkan di dekstop, yaitu warnanya sedikit lebih terang dan jelek jika di lihat.

Jikalau kita akan membuat banner, poster dan lain-lain warna CMYK lah yang tepat kita gunakan untuk mencetak Banner, poster dan lain-lain, karena warna yang di hasilkan sama dengan warna desain yang kita buat, akan tetapi sebaliknya jika kita letakkan di deksto warna itu tidak lah jelas se jelas warna RGB.

Berikut beberapa cara konversi model warna dari RGB ke CMYK di beberapa software desain grafis :

Adobe Photoshop
Pada menu bar pilih: Image > Mode > CMYK

Adobe Illustrator
Pada menu bar pilih: File > Document color mode > CMYK color

CorelDRAW
Pilih masing-masing objek yang akan dikonversi. Pilih Fill tool dan klik Fill Color Dialog. Pastikan model warna adalah CMYK. Untuk setiap objek dengan garis/outline : Pilih Outline tool dan klik Outline Color Dialog. Pastikan model warna adalah CMYK.

Oke teman-teman begitulah beberapa penjelasan mengenai color profile RGB dan CMYK, pada dasarnya penggunaan warna ini juga harus tepat pada tempatnya jika tidak nantinya warna pada hasil akhirnya meleset, atau tidak sesuai dengan warna yang kita inginkan pada desain kita.

sekian, semoga bermanfaat jika kalian bingung dan kurang memahami atau ingin request artikel-artikel lainnya yang belum ada di blog ini silahkan tulis di kolom komentar di bawah.


EmoticonEmoticon