pasang iklan disini

10 Cara Jitu Agar Mendapatkan Ide dan Inspirasi


       Karya Bercerita - Kalian bingung gak dapet-dapet inspirasi atau ide? Iyaa sama, padalah ini adalah hal yang paling penting untuk kita mulai membuat sesuatu dan bingung inilah yang  merupakan salah satu faktor yang menghambat kinerja, misal nih mau ngedit teaser acara buat tugas kampus. Sebelum ngedit emang semangat ehh, tahunya pas udah megangin laptop sama raba-raba “si tikus” taunya ilang idenya. Yaa mau gak mau harus nyari ide lagi yang cocok dan pas, naahh ini dia yang paling ribet.

Berhubung ide adalah satu hal pokok yang paling penting dari semuanya maka pastikan ide kalian terkumpul dengan baik, dan gimana sih nyari ide untuk membuat sesuatu. nahh di bawah ini ada beberapa hal yang semiga bisa memantik kedatangan inspirasi dan ide kalian. Yaaa biar gak kalah sama malesnya, tau kan kalo “si males udah nyamperin.......-__-

Okkeee, mari disimak biar inspirasinya pada nyamperin......

1. Rellax atay “Nyantai”
Buat dapetin sebuah ide dan inspirasi, yang paling utama yaa pikiran kalian harus santai alias relax. Ketika fikiran kita terbebani banyak hal biasanya inspirasi sulit untuk masuk, lalu Bagaimana cara bersantai? Itu terserah kalian bagaimana caranya, mungkin tidur-tiduran, makan, duduk santai, mendengarkan lagu dsb. Kenapa harus bersantai?. Kemudian cobalah untuk keluar dari ruangan, lalu sambil melihat-lihat sekitar kalian misal mobil lewat atau dedaunan pohon yang melambai-lambai dan sebagainya. Biasanya kalian akan cepat mendapatkan ide atau inspirasi di sini.

2. Menentukan Tempat yang Tepat
Naah, ketika kalian ingin membuat suatu karya bait itu desain grafis atau editing video, sebelum masuk ke zona eksekusi maka biasakan untuk mencari ide dengan membaca-baca draft desain yang kalian buat sebelumnya ditempat yang kalian suka, misal, kafe, angkringan, di bawah pohon, atu bahkan di WC, tapi kebiasaan yang satu ini tolong dikurangin (kasian yang ngantri).
Dengan berada di tempat-tempat yang kalian sukai biasanya akan cepat otak kalian untuk mendapatkan sebuah ide dan inspirasi.

3. Berimajinasi
Setelah kalian relax dan tenang, saatnya kalian menjelajahi pikiran kalian dengan cara berimajinasi tentang ide dan inspirasi. Berimajinasilah secara bebas, tanpa batasan, tanpa dihalangi peraturan dan fakta. Karena kalau menjelajahi pikiran dengan batasan, bukan berimajinasi namanya. Tapi yaaa jangan berimajinasi ke hal-hal yang negatif, atau mesumlah.... yaa karena itu justru akan menghambat idemu untuk masuk. Jadi yaa kembangkan imajinasimu selebar dan seluas mungkin.

4. Banyak Belajar
Kalian harus banyak belajar tentang hal yang berhubungan dengan apa yang ingin kalian buat. Seperti contoh, ketika kalian ingin melakukan editing yang bagus, maka usahakan nonton dan pelajari video-video yang bagus di youtube misal, atau belajar bagaimana tutorial editing yang profesional dan keren-keren di saat ini. Contoh lain, kalian seorang desain grafis dan ingin membuat sebuah karya seni digital, berarti kalian harus belajar mengetahui teknologi dan cara membuat karya seni secara digital dsb, atau jika kalian seorang blogger, kalian ingin menulis sebuah artikel, berarti kalian harus banyak membaca tentang hal-hal yang ingin kalian tulis, sehingga kalian mengerti sepenuhnya tentang apa yang ingin kalian tulis. Ini merupakan cara untuk memperluas wawasan untuk ide dan inspirasi kalian.

5. Komunikasi Interpersonal
Yaa betul kalian harus melakukan komunikasi dengan diri sendiri, alias ngomong sendiri Kedengarannya ya emang gila, tapi berdiskusi itu gak harus sama orang lain. Coba berdiskusi dengan diri kalian sendiri di dalam hati untuk menemukan sebuah keputusan untuk ide dan inspirasi kalian. Cocok gak menurutmu apa yang kamu pikirkan, dan cobalah untuk mengkritik dan menilai ide kalian sendiri. Yaa tentunya untuk membangun hasil yang luar biasa.

6. Banyak Berdiskusi

Selain dari ngomong sama diri sendiri, kalian juga harus banyak berdiskusi sama orang tua, teman-teman atau orang lain mengenai ide dan inspirasi kalian. Sehingga kalian bisa melihat ide dan inspirasi kalian dari berbagai macam sisi dan pendapat orang lain. Dan yang paling penting adalah penilaian terbaik itu dari orang lain, apalagi kalau karyamu untuk disajikan untuk orang banyak.


7. Usahakan DICATAT !
Jika dalam fikiran kalian sudah terbayang dengan ide dan inspirasi kalian, segera catat secepatnya. Ini dilakukan untuk mencegah kalian terlupa dengan ide dan inspirasi kalian. Apalagi bagi kalian yang lemah dalam ingatan, maka usahan untuk selalu sediakan sketch book disisi kalian gunakan untuk mencorat-coret ide kalian. Dan kemudian dirapihkan dengan menulis ulang sehingga apa yang kalian tulis benar-benar masuk kedalam memmori otak kalian dan tentunya mencegah kecelakaan “lupa” saat sudah berda di depan area “eksekusi”.

8. Banyak-banyak Berdoa
Sekeras apapun kita berusaha untuk mendapatkan ide dan inspirasi semua itu gak bakalan datang jika hatimu sedang kacau. Maka dari itu perbanyaklah Berdoa dan mendekatkan diri kepada yang ngasih ide, pada dasarnya seseorang  bisa mendapatkan inspirasi ketika suasana hatinya sedang baik, naahh solusi terbaiknya adalah berdoa dengan mendekatkan diri semoga kita bisa mendapatkan ide dan inspirasi yang bagus dan bermanfaat bagi diri sendiri dan tentunya orang lain.

9. Biarkan Ide itu muncul dengan sendirinya
Setelah apapun yang terjadi untuk mendapatkan yang namanya ide dan inspirasi yang terpenting juga adalah Kalian harus membiarkan ide dan inspirasi itu datang sendiri. Jangan dipaksa, karena kalau dipaksa, kita sendiri yang akhirnya akan menjadi  pusing dan stress. Yaah, masak cuman nyari ide aja kita sudah stress, bagaimana pekerjaan kita akan jadi nantinya. Yang ada justru akan terbengkalai begitu saja. Dan akhirnya kitalah yang rugi sendiri.

10. Improvisasi dan Kembangkan

Oke, Yang terakhir ini, kalau kalian emang udah terbayangkan oleh ide dan inspirasi yang kalian kumpulkan tadi. Sekarang tugas kalian adallah mengembangkannya ! lalu Bagaimana caranya? Yaahh dengan mengimprovisasi ide gagasan tersebut. Improvisasi adalah mengarang bebas dalam waktu yang sesingkat-singkatnya, yaitu dengan membuat ide yang kalian dapatkan tersebut di bagi-bagi lagi apa yang akan kalian buat dari hal itu. Biasanya dengan berjalannya waktu ide itu akan memunculkan ide yang lebih berlian lagi.


Yaap, itu dia beberapa tips dariku semoga bermanfaat dan  barangkali kalian setelah membaca artikel ini timbul gagasan yang luar biasa, saranku.... catat dulu lalu kembangkan yahhh intinya ide itu kayak belut, licin gampang lepas makanya, kalau sudah terngiang segeralah di penjarakan dalam tulisan kalian biar tidak hilang..... oke itu saja dariku.... semangat dan selamat berkarya....:-)

15 comments

bagus nih infonya, kadang ngerasa buntu klo lagi mikir, tapi pas ge kosong ide hamburan

Ane save laman nya dulu ini bagus untuk disimpan

Terima kasih sob ilmunya. Saya sekarang suka bingung untuk menentukan ide, apalagi soal artikel blog. Semoga saya secepatnya bisa mengisi blog saya dengan informasi yang bermanfaat seperti ini.

hehehe kalo udah buntu jangan dipaksain dicoba liat-liat pemandangan ngrefresh otak hehehehe

shipp gan....:-bd semangat ngeblog hehehe

Izin di jadikan referensi.. Ahaha

tipsnya berbeda dari yang lain..
terutama untuk no 10.
jarang ada yang membahas untuk mengembangkan ide yang kita dapat.
kebanyakan hanya membe=iarkan saya ide itu didapat, lalu ya tinggalkan.
nice gan, beda dari yang lain saya suka

Bener gan, terkadang inspirasi memang timbul pas di kamar kecil.

Sip Gan Bermanfaat Infonya Jadi Gampang Nih Cari Informasi (y)

bagus gan artikel nya , tapi saya dapet inspirasi pas lagi sendiri atau malem" hehehe...

jual pasir gunung galunggung harga murah kuelitas terjamin http://www.pasirgalunggung.tk/

Mikir nya ke hal negatif terus gimana nih...gk jadi deh ngedit nya jadi nonton anime


EmoticonEmoticon