pasang iklan disini

5 Tips Editing Video Professional

     
   Dalam sebuah rangkaian produksi sebuah video, proses editing adalah proses akhir yang sangat penting. Ketelitian, kecepatan, dan skill khas editing seorang editor akan sangat mempengaruhi hasil akhir dari sebuah video yang dibuat. Proses editing merupakan proses akhir yang memakan waktu lama dalam sebuah produksi.

Menjadi seorang konten kreator tentu tidak terlepas dari kegiatan editing video yang sudah jadi kegiatan sehari-hari. Terlebih lagi jika seorang kreator tersebut baru menekuni dunia editing dengan kata lain masih pemula, tidak jarang banyak pertanyaan dan berbagai kesulitan muncul dalam proses mengeditnya. buat kalian yang baru belajar dalam dunia editing, berikut ini ada 5 tips editing video yang biasa dilakukan oleh profesional.

1. Perhatikan materi/konten project

         Ketika mengedit sebuah project, data-data gambar yang sudah terkumpul biasanya dipindahkan begitu saja tanpa ada pemilihan dan penggolongan kategori gambar. Hal ini membuat sebuah project video memiliki sumber data mentah di berbagai tempat yang akan membuat kita bingung dalam mencari sumber data gambar, musik, atau grafis. Untuk menanggulangi hal ini sebaiknya biasakan membuat sebuah folder pusat ketika akan memulai suatu project. Folder tersebut digunakan sebagai sumber utama dari data-data yang akan digunakan dalam proses editing. Kamu bisa menyimpan data-data berdasarkan kategorinya seperti video, foto, grafis, musik, sound effect, dan lainnya. Hal ini akan membuat project video kamu lebih terorganisir dan menghemat waktu dalam akses pencarian data.

2. Biasakan Shortkey Keyboard

        Kemampuan mengedit dengan cepat dan fleksibel merupakan faktor utama yang diperlukan dari seorang editor. Kadang kecepatan mengedit akan terhambat karena jauhnya tombol shortcut yang ada pada software editing yang digunakan. Terdapat beberapa software editing yang memiliki fitur custom keyboard shortcut dimana kamu bisa mengatur shortcut keyboard sesuai dengan keinginan. Adobe Premiere Pro adalah salah satu software editing yang mendukung fitur ini. Dalam mengedit dengan Adobe Premiere Pro, terdapat sebuah trik shortcut yang memungkinkan shortcut editing hanya dilakukan oleh tangan kiri saja. Kreator Ezra Pradipta membuat sebuah video tutorial tentang hal ini di channelnya. Kamu bisa menonton langsung video penjelasan 5 cara cepat editing dari Ezra di halaman ini.

3. Variasi shot

Kepuasan visual menjadi hal yang penting dalam sebuah video. Sebisa mungkin, pengambilan gambar dalam sebuah video harus selalu menarik dalam setiap pergantian gambarnya. Kamu bisa mencoba menggunakan berbagai angle dalam sebuah adegan gambar. Selain itu kamu juga dapat menggunakan berbagai trik editing yang dapat membuat sebuah gambar menjadi menarik seperti efek zoom, efek transisi yang unik, ataupun efek grafis yang ditambahkan dalam video. Teknik pemenggalan video pun harus diperhatikan, jangan sampai sebuah gambar muncul terlalu cepat ataupun terlalu lama dalam sebuah adegan.

4. Perhatikan grading warna

           Mengatur intensitas pewarnaan dalam sebuah gambar dapat menjadi poin yang membedakan feel dalam sebuah video. Dengan mengatur warna, rangkaian adegan dapat terasa membawa kesan ceria, sedih, ataupun menegangkan. Untuk melatih hal ini kamu bisa mencontoh dari berbagai film atau video yang dapat ditemukan di Youtube. Terdapat bermacam-macam teknik grading warna dari mulai grading manual, lumetri, hingga preset yang sudah tersedia.

5. Memilih Format Rendering Sesuai Kebutuhan

                Okee, Masuk kepada Langkah terakhir yang Mestinya kamu lakukan dalam sebuah proses editing video adalah membuat rangkaian editing menjadi sebuah file. namun sebelu itu, perhatikan dulu video yang sudah kamu buat akan digunakan untuk apa. Apakah untuk diupload ke channel Youtube, untuk keperluan video instagram, atau untuk dipertontonkan di sebuah acara? Setiap keperluan memiliki spesifikasi output yang berbeda, sehingga kamu perlu memilih format yang tepat sesuai dengan kebutuhanmu. Contohnya jika video ini akan kamu upload di Youtube, maka aturlah format video dengan karakteristik yang dapat digunakan untuk Youtube mulai dari format file, durasi, dan besarnya resolusi dari video. Berbeda jika kamu berniat mengupload sebuah video ke instagram. Instagram membatasi durasi video hingga 1 menit sehingga kita pun harus memperhatikan hal-hal yang harus diatur sesuai dengan platform yang akan dipakai.

Okkee sob itulah beberapa tips seputar editing video yang biasa dilakukan oleh para professional editor, yaahh lumayanlah kalau kamu bisa melakukan seperti yang di jelaskan diatas, seiring dengan berjalannya waktu dan juga jam terbang editingmu maka kamu akan semakin cepat menjadi seorang editor professional,
sekian, selamat berkarya :D (LLG)

4 comments

gan request tutor color grading dong :D

oke gan lain kali, color grading versi ane. hehehehe

Bisa dicoba ini..
thx infonya gan...


EmoticonEmoticon