pasang iklan disini

Tips Membuat Tampilan Blog Lebih Menarik



     Karya Bercerita - Saat ini sudah banyak sekali para praktisi media baik itu website, broadcast, social media sampai para pengusaha mereka butuh sesuatu untuk memperkenalkan brand atau produk mereka dengan cara apapun, salah satunya adalah dengan adanya media iklan yang dibentuk dengan layout atau tampilan sedemikian rupa hingga mampu menarik perhatian para target audiens.

salah satu contohnya adalah para blogger, selain para bloggers ini mementingkan kualitas daripada konten yang dia buat tentu mereka juga membutuhkan tampilan atau layout dari blog atau website mereka lebih menarik agar mampu membuat pengunjung merasa betah berlama-lamaan di website mereka.

cara membuat tampilan blog lebih menarik dan cantik
cara membuat tampilan blog lebih menarik di blogspot
cara merubah tampilan blog lebih menarik

banyak sekali diantaranya sering sekali berganti-ganti template blog mereka mulai dari yang gratis sampai dengan yang berbayar sekalipun. saat ini kita banyak menemukan website yang melayani pembelian template premium yang kemudian jika pembeli merasa cocok maka ia akan membeli template tersebut.

mereka mulai menggunakan tampilan yang kelihatan keren dan cantik tersebut, namun apakah berhenti sampai disitu saja...? ternyata tidak, seiiring berjalannya waktu mereka akan merasa bosan dan ada rasa ingin ganti template, apalagi bagi orang-orang yang merasa blognya belum mampu menghasilkan, yaahh salah satunya adalah blog ini, berulang kali mendaftar adsense namun berulang kali juga ditolak, yahh seperti itulah.

cara tampilan blog lebih menarik
membuat tampilan blog lebih menarik di blogspot
tips membuat tampilan blog lebih menarik

Perlu diketahui menggonta-ganti template bukanlah jalan terbaik untuk membuat sebuah situs menjadi lebih baik, yahh apalagi kalau kita berada di forum diskusi mengenai blog pasti kita seringlah yang namanya BW alias Blog Walking atau silahturahmi di blog kawan, dan ketika kita masuk ohh godaan untuk tertarik dengan template yang temannya pakai sangat besar, dan akhirnya berujung dengan ganti template lagi.

Apa Yang Membuat itu Semua Terjadi ?
Nah, yang membuat semua itu pada dasarnya hanyalah tidak ada konsistensi pada satu kepuasaan saja alias tidak pernah merasa puas. Template hanyalah sekedar Frame dari sebuah lukisan, jika lukisan itu bagus maka frame atau bingkainya pun akan dibuat bagus agar setara dengan lukisannya, sama halnya dengan tampilan blog kita itu hanyalah frame yang mempercantik saja, sedangkan isinyalah yang lebih menawan, untuk dihiasi. namun tidak dipungkiri juga banyak sekali blog atau situs yang lebih baik dari segi isi dan sangat berkualitas hanya menggunakan tampilan yang biasa saja, atau bahkan lebih jadul.

jadi intinya adalah tampilan bukanlah segalanya, namun penting juga diperhatikan. utamakan terlebih dahulu isi daripada konten yang kita buat, setelah itu barulah didukung dengan tamplian yang rapi dan menyenangkan mata pengunjung yang membaca, serta membuat mereka betah berlama-lamaan di blog kita.

BAGAIMANA CARA KITA MENANGANINYA ?
1. Pilih Template yang sesuai dengan Niche
pastikan terlebih dahulu apa yang yang akan kamu angkat sebagai niche atau jenis konten yang akan kamu buat di blogmu, apakah itu, download, pribadi, anime, techno, news, organisasi, atau yang lainnya. pilihlah template atau tampilan yang sesuai dengan seleramu dan cocok dengan niche atau isi kontenmu, serta menyediakan fitur-fitur yang memadai atau mendukung dengan isi konten. sehingga bukan hanya bagus tapi juga mendukung.

Awalnya blog ini juga sering sekali berganti tampilan karena banyaknya fitur yang tidak ada, seperti, thumbnail yang rusak, tidak bisa dipasang read more, tidak ada list halamannya, dll. sebenarnya kita bisa membuatnya dengan memasang script html untuk itu semua, namun cuman sayanya aja yang agak malas buat bikinnya hehehehe.

intinya tampilan bukan hanya bagus tapi juga mendukung kinerja serta mempermudah pengunjung untuk mengakses apa yang mereka cari. dengan adanya fitur-fitur yang mendukung pula.

4. Perhatikan Isi Konten
setelah memilih tampilan awal, selanjutnya buat isi konten yang menarik dengan tulisan-tulisan yang original, murni yang pastinya bukan hasil plagiat, karena dengan konten yang bagus akan membuat pengunjung lebih senang untuk membaca dan betah berlama-lamaan di blog kita, sehingga bisa jadi keesokan kalinya ia akan kembali lagi datang, atau bahkan membookmark situs kita sehingga menjadi acuan atau referensinya.

konten yang bagus adalah konten yang berisi apa yang dibutuhkan oleh pembaca bukan konten yang penuh akan teoritis saja, konten yang menyediakan segala yang dicarai oleh pembaca ketika masuk kedalam situs kita.


5. Percantik dengan gambar
Tentunya selain hanya dengan tulisan sediakan juga gambar pendukung atau minimal gambar ilustrasi dari tulisan tersebut, hal ini bertujan untuk agar pembaca tidak bosan, dan mereka tidak merasa lama ketika membaca walau banyak sekali yang dituliskan didalamnya.
gambar juga berfungsi sebagai media untuk membuat mata pembaca menjadi rileks sehabis membaca banyaknya tulisan kita.

kita bisa mendapatkan gambar-gambar ilustrasi dengan searching di google image kemudian sertakan kata "photograph" untuk mendapatkan hasil gambar yang bagus, namun jangan lupa untuk mencantumkan sumber gambar di caption bawah gambar di laman kita.
selain itu kita juga bisa mencari gambar-gambar secara gratis di situs-situs penyedia stock photo yang free seperti pixabay, free stock dan lain sebagainya.

Atau juga kita bisa membuatnya sendiri dengan cara memotret kejadian asli atau memotret sebagai gambar ilustrasi, dan juga kita bisa membuatnya dengan desain di software-software desain grafis seperti corel draw, adobe ilustrator, photoshop, dan lain sebagainya yang tentunya sedikit memakan waktu dan ide, namun hasilnya akan lebih orisinil dan ada rasa kepuasan tersendiri bagi kita.


6. Gunakan Thumbnail Post yang menarik
Nahh, Setelah memilih gambar-gambar tadi kita bisa mengatur thumbnail image sesuai dengan pilihan kita. thumbnail post adalah cuplikan gambar yang ada di beranda kita sebagai poin utama pada postingan kita. biasanya gambar yang akan menjadi thumbnail post ini letaknya ada di bagian paling atas dari postingan kita.
maka buatlah thumbnail post yang seorisinil mungkin, kita bisa membuatnya melalui software-software desain grafis atau aplikasi editing foto baik dari ponsel android kalian atau melalui PC kalian.

Pada Thumbnail postinganku ini aku gunakan semua dengan model flat atau ilustrasi, dengan background atau latar berwarna biru dongker muda atau dikenal dengan warna blue navy. sehingga semua postinganku nampak seragam satu dengan yang lainnya.

7. Membuat desain Logo yang mudah diingat
terakhir, adalah pastikan logo atau icon pada blog kalian mudah diingat oleh orang sehingga mempermudah mereka untuk kembali ketika melihat logo atau ikon site kita dimana saja.
banyak cara untuk membuat desain logo, kita bisa membuatnya di software desain grafis, atau jika tidak mau ribet yah tinggal pesan saja di desain-desainer grafis untuk membuatkan kalian logo yang kalian mau, atau teman kalian jika kalian sendiri belum bisa, atau kalian bisa juga memesannya langsung di saya dengan cara menghubungi emaiku yang ada di laman contact, atau juga bisa privat message di facebook. tidak mahal kok hanya sesuai dengan tingkat kerumitan aja sih heheheheh.

agar tampilan blog lebih menarik
cara membuat tampilan blog agar lebih menarik
cara membuat tampilan blog menjadi lebih menarik

yuup, guys itu dia beberapa hal yang harus kita pahami mengenai tampilan dan konten blog kita, mohon maaf jika ada salah kata dalam penulisan artikel ini atau mungkin ada beberapa yang kalian rasa tidak cocok, atau salah silahkan kalian tulis saran dan kritiknya di kolom komentar dibawah ini, sekian dan terima kasih, selamat dan semangat berkarya.


cara mengubah tampilan blog agar lebih menarik
cara mengubah tampilan blog menjadi lebih menarik
cara merubah tampilan blog menjadi lebih menarik
membuat tampilan blog menjadi lebih menarik

10 comments

wah ane tips terakhir yang belum kesampean. bikin logo, penting juga ya ternyata

Wah tutorialnya mantap gan. Jelas semuanya. Makasih infonya...

wah makasih tutorial dan tips nya yang terpenting itu mau berusaha dulu gan menata blog nya ntar lama kelamaan juga belajar

Kalo thumbnail post pas link artikel di share ke fb ga sesuai gambar gimana gan?

Kalo thumbnail post pas link artikel di share ke fb ga sesuai gambar gimana gan?

coba di perbaharui lagi postingannya di webmaster tool mas barangkali. habis ngedit tapi lupa di perbaharui.

Mantap nih artikelnya sangat membantu

sangat membantu saya inih. makasih gan..

sangat membantu untuk membuat tampilan saya lebih menarik lg gan


EmoticonEmoticon